Banyu Anjlok Wisata Alam Tersembunyi

          Pantai lenggoksono atau banyu anjlok berada di sisi selatan Kabupaten Malang tepatnya di desa Purwodadi Lenggoksono Kecamatan Tirtoyudo 2-3jam lama jarak tempuh jika menggunakan sepeda motor (mobil 3-4jam) dari kota malang. Memiliki keindahan alam tersebunyi berupa pantai yang masih sangat alami dan belum banyak terjama wisatawan, mungkin karena kurang terpromosikan :) atau memang medan yang agak exstreme hehe jadi masih belum terlalu ter ekpose.
        Setelah tiba didesa lenggoksono anda bisa melalui medan hutan dengan berjalan kaki atau membawa sepeda motor anda, ada juga yang menaiki perahu atau menggunakan jasa tukang ojek sepeda. dengan tarif 50ribu ojek sepeda anda akan diantar pulang pergi, atau naik perahu. Sedikit akan saya beberkan beberapa kisah perjalanan saya dkk mengenai wisata pantai dan air terjun (Banyu Anjlok) ini, karena memang rumah saya berada di desa lenggoksono :)
         Berikut adalah gambar aliran sungai dari pegunungan yang membentuk air terjun kecil, jika kita ke banyu anjlok pasca musim hujan, air terjun akan deras dan lebih bagus lagi tapi jangan harap air bening dan jernih yang pasti akan keruh dan berwarna kecoklatan karena saat hujan sungai dialiri air dari pegunungan sekitar yang masih banyak tanah jadi agak berwarna kecoklatan.

       Jika di bali ada yang namanya ubud wisata alam buatan berenang dikawasan hutan dengan kolam buatan, maka di lenggoksono banyu anjlok tepatnya anda akan disuguhkan sebuah kolam air alami yang di bentuk oleh dua buah batu besar yang membentuk seperti kolam dan anda bisa berenang disitu tentunya, dengan pemandangan sekitar alam yang masih sangat hijau dan segar dan dibelakang (sisi selatan) tepat air tampungan kolam batu besar jatuh ini adalah langsung ke pantai tentu saja. jadi anda akan berenang disuguhi pemandangan alam dan pantai, sebuah tempat yang layak dikunjungi.
                  Dengan Luas kolam lebar sekitar 5-7meter dan panjang 10-15 meter ini cukup menanampung beberapa orang untuk berenang disini, jika masih kurang anda bisa turun kebawah ke air terjun aliran air kolam batu di pantai.



                  Saat peralihan musim kering ke musim penghujan air terjun terlihat sangat jelas jatuh ke pasir pantai, jika saat musim hujan tiba aliran air yang sangat deras bisa membuat tempat jatuhan air terjun menjadi genangan seperti kolam juga, artinya anda akan bisa berenang disini juga saat musim hujan.


                    Genangan bekas aliran air terjun gambar dibawah ini tidaklah dalam, ini sangat dangkal. beda saat aliran sungai sangat deras, musim hujan tepatnya.



 Yang terahir adalah sekarang di daerah sekitar banyu anjlok sudah disediakan tempat untuk mendirikan tenda bagi yang ingin bermalam bersama rekan atau pasangan, dan juga beberapa warung makanan kecil yang didirikan warga sekitar akan membantu anda saat" keadaan perut lapar :)



Mungkin sedikit kisah tentang banyu anjlok, next trip masih banyak dan semoga ada waktu untuk berbagi kisah petualang bersama rekan" pembaca :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI DASAR LISTRIK, GENERATOR, BATERE, & ACCUMULATOR.

DIII & DIV USAHA PERJALANAN WISATA UNIVERSITAS MERDEKA MALANG. Berbagi Bersama Dengan 100 Anak Yatim & Piatu 'Cerita Indah Kebersamaan"

Pantai Pandawa, Uluwatu, Pantai Kuta, Pura Goa Gajah, dan Jalanan Bali :)