Pendakian Gunung Panderman

Sekilas Cerita Pendakian Gunung Panderman (2045mdpl)

Jumat 20 Februari 2015

Merasa bosan berada di rumah kontrakan, akhirnya saya mengajak beberapa kawan untuk mencoba pendakian ke Gunung Panderman Batu, Malang Jawa timur. Karena ini adalah menu pilihan untuk berlibur dengan suasana alam, dan memang tidak membutuhkan waktu dan jarak yang sangat lama. Berangkat dari Malang daerah singkaling tepatnya awal kita berkumpul pada pukul 19:20 setelah semua siap kita langsung otw menuju tujuan. Sebelum langsung menuju desa Dukuh Toyomerto, Desa Pesanggrahan kami singgah di Indomaret untuk mengisi logistic kami untuk menunjang energi saat pendakian. Jalan menuju desa dukuh sendiri sangat menanjak, motor matic jika di isi dua orang saya rasa tidak semua bisa jalan lancar, motor matic salah satu kawan kami kurang kuat saat menaiki jalan menuju desa dukuh.

Setelah sampai di tempat parkir yang dikelola oleh masyarakat sekitar, kami berkumpul sejenak untuk memantapkan peraturan saat pendakian lima orang ini. Untuk menghindari hal" yang tidak kita inginkan. Saat pendakian memang tidak boleh ada yang egois, semua harus saling berkontribusi dan saling membantu. Karena kekuatan team saat pendakian terletak pada kawan yang memiliki fisik terlema, jika nantinya merasa capek harus bilang dan kita harus take a rest. Menikmati setiap peristirahatan saling bercanda dan berbagi minuman tentunya :). Dari tempat parkir dikawasan rumah desa dukuh kita harus naik sampai rumah terahir di desa dukuh dan siap" memasuki kawasan hutan.

Latar ombo ini adalah salah satu tempat peristirahatan saat pendakian, anda juga bisa mendirikan tenda disini. Jika berangkat sore seperti kami kalian bisa mendirikan tenda dan melanjutkan pendakian ke puncak pandeman saat pagi hari untuk mengejar sunrise, jika memang semua peralatan dan perbekalan memadai anda saya sarankan langsung menuju puncak dan mendirikan camp diatas karena pagi anda tidak ingin terlambat menikmati sunrise dan menikmati pemandangan kota Batu, Malang dan sekitarnya dari atas gunung. Banyak tempat untuk beristirahat saat mendaki, saat pendakian malam hari dan angina kencang usahakan istirahat dan jangan mengambil posisi badan berdiri dan tidak berpegangan. Saat angina kencang berhentilah sejenak dan duduk untuk mengindari tiupan angina kencang yang dating.

Sesampainya di puncak Gunung Panderman dengan ketinggian 2045mdpl pada pukul 23:30an kita langsung menggelar tenda dan memakai pakaian hangat yang kami simpan karena saat pendakian kami hanya menggunakan bajun tanpa jaket. Pemandangan dari atas gunung akan menghilangkan rasa penat capek, rasa senang dan bangga akan menggantikan semuanya. kami turun pukul 07:00 pagi, saat turun malah tidak terasa dan lebih cepat hehe :)

Beristirahat saat menuruni gunung juga perlu :) , jadi selamat mencoba pendakian.